bagaimana mengetahui bagaimana kita?

Posted: Mei 15, 2012 in pendapat juga
Tag:

Untuk mengetahui siapa saya, sangatlah sulit bila untuk mengetahui atau lebih tepatnya untuk menilai diri sendiri karena tidak objektif melainkan subjektif. Namun bagaimana kita bisa menerangkan siapa kita dalam sebuah tulisan atau sebuah ucapan?. Untuk mengatasinya maka kita harus terlebih dahulu melakukan beberapa langkah berikut:

a) Bertanya kepada orang terdekat (di sekeliling kita). Bertanya adalah salah satu cara untuk mengetahui bagaimana karakteristik kita, namun dalam melakukan tips ini kita harus pandai-pandai memilih orang yang ingin kita jadikan sebagai bahan referensi untukmenilai karakteristik yang kita miliki. Setelah itu kita tanyakan bagaimana karakter diri kita kepadanya dengan cara baik dan dengan bagaimana mungkin cara kita dalam penyaimpaiannya (pertanyaan) agar se objektif mungkin tanpa menganggap ada hal lain yang mempengrauhi penilaiannya terhadap pertanyaan kita. Kalau mempengaruhi bagaimana cara penilaiannya itu tidak apa-apa. Karena secara tidak langsung kalau dia adalah teman terdekat kita dan ada di sekeliling kita terlebih telah bersama kita dalam jarak aytau jangka waktu yang lama maka sedikit banyak aakan berpengaruh terhadapacara penyampaiannya dan otomatis berpengaruh juga terhadap penilaiannya. Namun demikian itu tergantung kita memilih siapa yang akan dijadikan sebagai objek kita.

b) Mengamati diri kita melalui apa yang orang nilai. Memang sulit untuk mendapatkan momen ketika orang lain berpendapat tenteang bagaimana siafat atau karakteristik kita tanpa kita memberikan pertanyaan pertanyaan terlebih dahulu. Namun sering kali ketika kita dalam suasana-suasana tertentu mendpatkan momen-momen seperti ini. Misalkan ketika kita kumpul-kumpul dengan teman satu kampus, sekolahan, atau satu pekerjaan bahkan angota keluarga kita, pasti ada selentingan penilaian mereka terhadap kita. Misalkan ketika kita sedang membicarakan tentang sifat orang yang suka mencuri barang yang tidak terlalu berharga orang lain. Ketika itu mungkin saja ada selentingan. “waah kalo lu yang nyuri lu gak bakalan nyuri celananya tuh pasti lu nyuri celana dalemnya.” Misalkan demikian.dari perkataan itu mungkin penilaian mereka ada tepatnyaa dan penilaian itu mengindikasikan bahwa kita orangnya agak mesum. Namun sekali lagi pandai-pandailah dalam memilih statemen yang akan kita jadikan sumber penilaian kita, kalu apa yang mereka katakan sangat berbeda jauh nmaka jangan kita ambil pendapatnya.

c) Menerka-nerka sendiri bagaimana karakter kita. Setelah kita mendapatkan beberapa pendapat tentang bagaimana orang lain menilai kita dan secara implisit menerangkan bagaimana kita, maka langkah selanjutnya adalah , menerka-nerka sendiri namun harus berkaitan atau berhubungan engan data-data yang tlah kita dapatkan dengan bebaerapa metode di atas karena kalau sangat tidak berkaitan maka bisa jadi hasil dari terkaan kita itu sangat bersifat subjektif tadi, dan itu tidak baik untuk di jadikan sumber yang mendekati keakuratan karena bisa jadi apa yang dijadikan data adalah anggapan tentang siafat-sifat bagus kita saja sedangkan sifat yang jeleknya tidak dimasukkan dan sangat tidak bijak sekali dalam penilaiannya bahkan bisa saja orang lain nanti menilainya itu Cuma akal-akalan kita semata karena beberapa hal seperti menjaga images, malu, dan pencitraan atau sombongdan it sangat tidak pantas bila di jadikan sumber referensi. Setelah kita melakukan beberapa hal diatas maka sedikit banyak itulah yang mereka tangkap tentang kita, kelakuan kita, karakter kita dan sifat kita, atas sekian lama kita berinteraksi sosial didalam kehidupan mereka. Mungkin tips ini merupakan sesuatu yang belum di umi secara khusus dan ilmiah karena belum ada penelitian yang demikian namun setidaknya beberapa tips diatas bisa membantu kita dalam berinteraksi sosial. Sehingga konflik-konflik sosial yang mungkin terjadi karena siafat dari diri kita yangbelum tentu di terima ileh orang lain bisa kita kontrol yang mengakibatkan mnimalisir atsas terjadinya gejolak-gejolak sosial di lingkungan sosial yang dimana kita berada di dalamnya. Semoga membantu

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s